Translate

Penjelasan Program Segitiga dengan JAVA-Netbeans


PROGRAM SEGITIGA

import javax.swing.JOptionPane;

public class Segitiga {
 public Segitiga(){
 }
public static void main (String args[]){



//Input
     float Alas; float Tinggi;float Luas;
      JOptionPane.showMessageDialog(null,"Menghitung Luas Segitiga");
    
String Al=JOptionPane.showInputDialog(null,"masukkan alas");
Alas=Integer.parseInt(Alas);

String Ti=JOptionPane.showInputDialog(null,"masukkan tinggi");
Tinggi=Integer.parseInt(Tinggi);

//Proses    
Luas= (Alas*Tinggi)/2;

//Output
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Alas = "+Alas+" \n Tinggi = "+Tinggi+" \n Luasnya adalah "+Luas);          
 }  
}

PENJELASAN

Java merupakan bahasa pemograman Case-Sencitive yaitu pengetikan program dibedakan besar kecilnya huruf dan simbol-simbol seperti; (;),(“)(‘)(+), dll.

Komentar adalah bagian dari program yang tidak akan diproses oleh compiler java, namun diperlukan sebagai penjelasan atau keterangan dari si pembuat program. cara penulisan komentar dapat dilakukan dengan cara  ‘//’ untuk 1 baris kalimat saja sedangkan  /*….. */ untuk memberikan komentar panjang yang lebih dari satu baris kalimat.

import javax.swing.JOptionPane
sumber perintah pesan yang ditampilkan dilayar dalam bentuk tampilan windows jika tidak ada perintah ini maka perintah menampilkan dalam bentuk window tidak akan support tidak akan dikenali.

public class Segitiga
public adalah source class yang dapat diakses oleh seluruh class yang ada dalam 1 package ,sehingga membuat perintah public class segitiga.

public Segitiga(){}
 perintah public constructor dari sebuah class segitiga

public static void main (String args[]){}
perintah method main untuk mengimplementasi class segitiga

INPUT
float Alas; float Tinggi; float Luas  
variabel Alas,Tinggi,Luas merupakan bilangan-bilangan pecahan atau desimal

String (Al),String (Ti),String(L)
Variabel Al, TI, L merupakan kumpulan dari variabel karakter (angka, huruf, simbol).

JOptionPane.showInputDialog ("masukkan alas");
JOptionPane.showInputDialog ("masukkan tinggi");

Perintah memasukkan data  untuk alas dan tinggi dalam tampilan window GUI

Integer.parseInt(Al);
Integer.parseInt(Ti);

Perintah untuk merubah string Al dan Ti menjadi Integer

PROSES yang berupa rumus ,Iterasi, dll.

C= (A*B)/2;
Variabel C memproses Variabel A kali B terlebih dahulu kemudian hasilnya dibagi 2

OUTPUT

JOptionPane.showMessageDialog(null,"Alas="+Alas+"\n Tinggi="+Tinggi+" \n Luasnya adalah "+Luas);

Perintah untuk menampilkan pesan/hasil/output Luas Segitiga dalam bentuk GUI.  

\n untuk ganti baris

+….+ untuk menunjukkan pada variable yang dituju.

*NB : null tidak wajib pada input data namun wajib pada perintah output
Share:

1 komentar:

SMADAV TUTORIAL

Tutorial SCAN VIRUS Menggunakan SMADAV TERLENGKAP !

...

Popular Article